Senin, 08 Juni 2015

Ganti Ban Belakang Satria Fu dengan ukuran yang lebih Besar



Ganti Ban Belakang Satria Fu 150 Dengan Ukuran 100/80-17

Penggantian Ban ini sebenarnya saya lakukan dikarenakan Ban Belakang saya yang memang saatnya sudah ganti karena sudah Bobi (Botak Biadab), dan berbarengan dengan Stel Velg karena Peyang Pasca Touring ke Cirebon. Sebenarnya sih saya masih belum mau ganti ban belakang tetapi karena masukan dari si Tukang Stel Velg yang katanya Bannya sudah harus diganti dikarenakan akan membahayakan apabila Hujan karena alur di Bannya sudah hilang. Lalu saya bertanya ke abang tukang stel velgnya ukuran Ban yang Besar tetapi masih aman di Velg Standard satria ukuran berapa? Lalu dia bilang Ukuran yang masih Aman adalah 100/80 atau 110/70, tetapi saya lebih memilih ukuran 100/80 karena kata dia ukuran 110/70 hampir tidak terlihat Bedanya dengan Ban Standard.



















Stel Velg dan ganti ban saya lakukan di Jl. Kebon Jeruk 3


















Velg yang “peyang” karena menghajar lubang jalur Pantura


















Ban yang saya beli adalah Ban Tubeless FDR Sport XR Evo (yang katanya Sport Touring)






















Ban setelah dipasang (lebih kekar ya nggakkk :D)


















Ban Satria Standard dan yang sudah pakai Ban ukuran 100/80 jika disandingkan :D

Oya untuk impresi awal mengenai pemakaian Ban ini adalah :
  
     1 Motor lebih Tinggi dari biasanya (sebenernya sih ini juga pengaruh dari Shock Depan yang saya stel lebih tinggi karena sudah diganti dengan Stang Byson) 
     2 Ban lebih nge Grip daripada yang standard
3.    3 Makin pede kalo Nikung :D
4.    4 Tarikan Terasa BERAAATTT, mungkin karena kontak antara Ban dengan aspal lebih besar ya dari pada Standardnya. Tapi takpapa :)

Next saya akan ganti Ban Depan satria dengan Ban Tubeless dan ukuran yang lebih besar dari Standardnya

Berikut rincian biaya Stel Velg dan Harga Ban FDR Sport XR Evo 100/80-17

Stel Velg plus pasang Ban             : Rp. 45.000
Ban FDR Sport XR Evo               : Rp. 290.000 (include pentil Ban Tubeless)

Oya sebagai referensi kalau mau beli Ban sebaiknya beli di Toko yang menjual khusus Ban saja karena menurut info dari tukang Stel Velg disini harganya lebih murah dibandingkan dengan toko variasi yang juga menjual Ban. Saya beli di Toko yang ada disebelah kanan jalan kalau dari arah Harmoni didekat ATM Mandiri di Bonjer 3 (kebon jeruk 3)


13 komentar:

  1. Infonya donk cara pasang stang bison di funya mas, thank.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli aja raiser bang. Murah cuman 150. Klo ane pake stamg ninja lama

      Hapus
  2. biaya ganti stang plus raiser brp kira" buat fu ?

    BalasHapus
  3. gan, apa gak kegedean sama ukuran peleknya ?

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Bro itu ban 100/80 aman? Nempe rante ga itu bro ?
    Ane pake 90/80 kayanya hampir nempel rante soalnya,apa ada yg harus di setel lagi ?

    BalasHapus
  6. Untuk ukuran 100/80 aman jaya mas bro, tidak mentok apapun, pas banget

    BalasHapus
  7. Untuk pemasangan stang Yamaha Byson di Satria Fu saya membeli beberapa bahan yakni, Stang Byson itu sendiri (harganya ori sekitar Rp. 80.000), lalu raiser stang tegak (saya beli harganya sekitar Rp. 50.000 dan itu tanpa merk), lalu yang terakhir jasa tukang bubut untuk membuat dudukan raiser pada segitiga original satria fu (jasa kurleb Rp. 150.000, saya nggak tau ini kemahalan atau nggak karena prosesnya harus dimal dan ditambah daging gitu). Untuk kabel-kabel (saklar kanan-kiri, kabel kopling, kabel gas, kabel rem depan) tidak ada yang dirubah, hanya saja semua harus dikeluarkan dari jalurnya

    Untuk reviewnya sendiri saya sudah modifikasi stang seperti ini lebih dari 1 tahun tidak ada kendala sama sekali, bahkan saya sudah test dijalan yang sangat jelek dan hancur, dudukan raiser di segitiganya tidak ada patah maupun retak sedikit pun.

    hanya saja saya pernah sekali jatuh dengan menggunakan stang ini, dan nggak tau kenapa komstirnya langsung oblak, tetapi pada saat crash body tidak lecet sama sekali, mungkin ini efek dari stang yang lebar sehingga waktu crash saat itu yang kontak dengan aspal duluan adalah stang dan footstep. Mungkin hal itulah juga yang menyebabkan komstir langsung oblak dikarenakan menahan benturan langsung dari aspal ke stang, tetapi untungya segitiga ataupun shock tidak bengkok

    BalasHapus
  8. Itu satria thun brapa gan?
    Sama vlegnya hrus gnti dulu..apa stndar gan?

    BalasHapus
  9. Itu bang 100/80.
    Gear Depan + belakang tetap pakai yg standar ya gan? Ukuran 14 / 43

    BalasHapus